Senin, 02 Mei 2011

EVALUASI PEMBELAJARAN PENJAS

TUGAS INDIVIDU
YEKI SARPIDI
NPM : 086610785
EVALUASI PENGAJARAN PENJAS
Soal :
1. Jelaskan yang di maksud PP no 19 ayat 1 tentang hasil belajar.
Jawaban : Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesenambungan
 untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk
 ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan
 ulangan kenaikan kelas.
2. Coba anda jelaskan tentang pengertian evaluasi, dan pungsi evaluasi dan tes
pengukuran.
Jawaban : Pengertian evaluasi adalah :
 Untuk mengetahui berhasil tidaknya suatu program diperlukan adanya
adanya penilaian atau evaluasi. Tiap penilaian berpegang pada rencana
tujuan yang hendak dicapai nya. Atau dengan perkataan lain  setiap tujuan
merupakan criteria penilaian, oleh karena itu penilaian terhadap  siswa
harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang direncanakan dalam proses
belajar mengajar.
Fungsi evaluasi adalah :
Evaluasibe berpungsi  sebagai admitrasi pendidikan adalah aktivitas –
aktivitas  untuk menentukan sampai dimana hasil dan tujuan – tujuan
 pendidikan itu dicapai dalam proses belajar mengajar.
Dan tes pengukuran berpungsi sebagai :
a. untuk melaksanakan evaluasi
Maksudnya untuk mengetahui apakah ada peningkatan atau penurunan
dari proses yang berlangsung. Untuk mengetahuinya adanya
perkembangan tersebut sangat diperlukan adanya pengukuran sebelum
dan sesudah proses tersebut berlangsung.
b. Sebagai bahan perbaikan mengajar atau melatih.
Maksudnya dengan adanya tes dan  pengukuran akan dapat diketahui
adanya kekurangan atau kelemahan dalam pembelajaran atau latihan.
3. Mengapa penilaian perlu dilakukan terhadap proses belajar mengajar ?
Jawaban : Penilaian harus dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa
dalam mengikuti proses belajar – mengajar yang telah di ikuti siswa, dan
untuk menentukan daya tangkap dan daya serap siswa dalam proses
pembelajaran, dan mengetahui target yang akan di capai, dan untuk
menentukan langka tujuan pembelajaran berikutnya.
a. penilaian tidak hanya diarahkan kepada tujuan-tujuan pendidikan yang
telah ditetapkan, tetapi juga terhadap tujuan –tujuan yang tersembunyi,
termasuk efek samping yang mungkin timbul.
b. Penilain tidak hanya hanya melalui pengukuran prilaku siswa, tetapi juga
 melakukan pengkajian terhadap komponen-komponen pendidikan, baik
masukan proses maupun keluaran.
c. Penilain tidak hanya dimaksudkan untuk mengetahui tercapai tidaknya
tujuan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga untuk
mengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut penting bagi siswa dan
bagaimana siswa mencapainya.
4. Dalam hal apa orang tua diperlukan sebagai sumber data penilaian dalam proses
belajar mengajar.
Jawaban : Orang tua diperlukan sebagai sumber data dalam penilaian di gunakan
dalam menilai proses belajar - mengajar siswa antara lain adalah
motivasi belajar siswa, keaktipan siswa, kualitas hasil belajar siswa,
dan untuk mempertanggung jawabkan hasil penilaian siswa dari sekolah
kepada orang tua siswa.
5. Sebutkan macam bentuk tes hasil belajar dan apa kebaikan dan keburukanya.
Jawaban : Keunggulan tes uraian antara lain adalah.
a. Dapat mengukur proses mental yang tinggi atau aspek kognitip tingkat
tinggi.
b. Dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun
Kelemahan tes uraian adalah.
a. Sampel tes sangat terbatas sebab dengan tes ini tidak mungkin dapat
menguji semua bahan yang telah diberikan, tidak seperti pada objektip
yang dapat menanyakan banyak hal melalui sejumlah pertanyaan.
Keunggulan tes objektif adalah.
a. Menyusun soalnya relatip mudah.
b. Kecil kemungkinan siswa memberi jawaban dengan cara menebak.
Kelemahan tes objektif adalah.
a. Kurang dapat mengukur aspek penetahuan yang lebih tinggi.
b. Memerlukan waktu yang agak lama untuk menilainya sekalipun tidak
selama bentuk uraian.
Kelebihan nontes adalah
a. sifatnya lebih komprehensif, artinya dapat digunakan untuk menilai
berbagai aspek dari individu sehingga tidak hanya untuk menilai aspek
kognitif, tetapi juga aspek efektif dan psikomotoris. 
Kelemahan nontes adalah
a.memakan waktu yang lama dan terbatasnya waktu untuk melakukan

6. Non test sebagai alat penilaian hasil, dan proses belajar mengajar tolong dijelaskan.
Jawaban : Non tes adalah penilaian yang mengunakan alat – alat yang bukan tes.
Yang sering digunakan dalam penilaian non tes adalah kuesioner dan
wawancara, skala (skala penilaian, sikap, skala minat), observasi atau
pengamatan, studi kasus, dan sosiometri.
Kelebihan nontes dari tes adalah sifatnya lebih komprehensif, artinya dapat
 digunakan untuk menilai berbagai aspek dari individu sehingga tidak hanya
 untuk menilai aspek kognitif, tetapi juga aspek efektif dan psikomotoris. 
7. Jelaskan pha yang di maksud ?
a. Penilaian promatif
Jawaban : Adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir program belajar – mengjar
untuk melihat tingkat keberhasilan proses belajar – mengajar itu sendiri .
dengan demikian , penilaian formatif berorientasi kepada proses belajar –
mengajar .
b. Penilaian somatif
Jawaban : Adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir program , yaitu akhir catur
wulan, akhir semester, dan akhir tahun. Tujuanya adalah untuk melihat
hasil yang telah dicapai oleh para siswa, yakni seberapa jauh tujuan –
tujuan kurikuler dikuasai para siswa.
c. Penilaian diat nostif
Jawaban : Adalah penilaian yang bertujuan untuk melihat kelemahan – kelemahan
siswa serta factor penyebabnya. Penilaian ini dilaksanakan untuk keperluan
bimbingan belajar, pengajaran remedial (remedial teaching), menemukan
kasus – kasus dll.
d. Penilaian selektif
Jawaban : Adalah penilaian yang bertujuan untuk keperluan seleksi, misalnya ujian
saringan masuk kelembaga pendidikan tertentu.
e. Penilaian PAN
Jawaban : Adalah penilaian yang diacuhkan kepada rata – rata kelompok. Dengan
demikian dapat diketahui posisi kemampuan siswa dalam kelompoknya.
f. Penilaian PAP
Jawaban : Adalah penilaian yang diacuhkan kepada tujuan intruksional yang harus
oleh siswa. Dengan demikian, derajat keberhasilan siswa dibandingkan
dengan tujuan yang harus dicaoai, bukan dibandingkan dengan rata – rata
kelompok.
8. Jelaskan menurut anda apa yang dimaksud dengan observasi dan terbagi berapa.
Jawaban : Observasi adalah pengamatan sebagai alat penilaian yang digunakan
untuk mengukur tingkah laku individu ataupun proses tejadinya suatu
kegiatan yang diamati baik dalam setuasi yang sebenarnya maupun dalam
setuasi buatan.
 Ada tiga jenis observasi yaitu:
a. Observasi langsung adalah pengamatan yang dilakukan terhadap gejala
atau proses yang terjadi dalam situasi yang sebenarnya dan langsung
 diamati oleh pengamat.
b. Sedangkan observasi tidak langsung dilaksanakan dengan menggunakan
 alat seperti mikroskop untuk mengamati bakteri, suryakanta untuk
melihat pori-pori kulit.
c.  Observasi partisipasi berarti bahwa pengamatan harus melibatkan diri
atau ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh individu atau
 kelompok yng diamati. Dengan observasi partisipasi ini pengamat dapat
 lebih menghayati, merasakan, dan mengalami sendiri seperti individu
 yang diamatinya.
9. Coba anda jelaskan keunggulan dan kelemahan test uraian dan tes objektip sebagai
alat penilaian hasil belajar.
Jawaban : Keunggulan tes uraian antara lain adalah.
a. Dapat mengukur proses mental yang tinggi atau aspek kognitip tingkat
tinggi.
b. Dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun
tulisan, dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa.
c. Dapat melatih kemampuan berpikir teratur atau penalaran, yakni berpikir
logis, analitis, dan sistematis.
d. Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah (prolem solving)
e. Adanya keuntungan teknis seperti mudah membuat soalnya sehingga
tanpa memakan waktu yang lama, guru dapat secara langsung melihat
proses berpikir siswa.
Kelemahan tes uraian adalah.
a. Sampel tes sangat terbatas sebab dengan tes ini tidak mungkin dapat
menguji semua bahan yang telah diberikan, tidak seperti pada objektip
yang dapat menanyakan banyak hal melalui sejumlah pertanyaan.
b. Sipatnya sabgat subjektipf, baik dalam menanyakan, dalam membuat
pertanyaan, maupun dalam cara memeriksanya.
c. Tes ini biasanya kurang reliable, mengungkap aspek yang terbatas,
pemeriksaanya memerlukan waktu yang lama sehingga tidak praktis
bagi kelas yang jumlahnya relatip besar.
Keunggulan tes objektif adalah.
a. Menyusun soalnya relatip mudah.
b. Kecil kemungkinan siswa memberi jawaban dengan cara menebak.
c. Menurut siswa untuk dapat menjawab dengan singkat dan tepat.
d. Hasil penilaianya cukup objektip.
Kelemahan tes objektif adalah.
a. Kurang dapat mengukur aspek penetahuan yang lebih tinggi.
b. Memerlukan waktu yang agak lama untuk menilainya sekalipun tidak
selama bentuk uraian.
c. Menyulitkan pemeriksaan apabila jawaban siswa membingungkan
pemeriksa.
10. Apakah yang dimaksud dengan bobot dalam menilai hasil test uraian.
Jawaban : Yang dimaksud bobot dalam tes uraian adalah pemberian skor nilai pada
Pertanyaan yang diujikan, contohnya pemberian bobot pada soal
Hendaknya dibedakan menurut tingkat kesulitan soal dan dari sipat
 materinya dan abilitas yang di ukurnya, dan semakin sulit soal yang di tes
kan, semakin besar bobot yang di berikan pada soal tersebut.


DI SUSUN OLEH :
YEKI SARPIDI
NPM : 086610785
KELAS : 6 B

JURUSAN PENJASKESREK
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar