Senin, 02 Mei 2011

desa pulau binjai, kecamatan kuantan mudik,kabupaten kuansing, propinsi riau.

1.Secara Geograpis Desa pulau binjai terletak di kecamatan kuantan mudik kabupaten kuantan singing propinsi riau. Desa pulau binjai berbatasan sebelah utara berbatasan dengan desa seberang pantai, sebelah selatan berbatasan dengan desa pebaun hilir, sebelah timur berbatasan dengan desa bukit pedusunan dan sebelah barat berbatasan dengan sungai kuantan, diseberang sungai terdapat sebuah desa yaitu desa Koto Lubuk jambi. Desa pulau bunjai termasuk dalam negeri atau kenegarian Lubuk Jambi, negeri lubuk jambi mencangkup tiga kecamatan yaitu kecamatan kuantan mudik, hulu kuantan dan kecamatan gunung toar.
1.2 Keadaan penduduk Desa Pulau Binjai.
            Penduduk desa pulau binjai termasuk kedalam suku ras melayu, dan mempunyai kebudayaan dan kebiasaan yang persis sama dengan suku ras minangkabau, hal ini dapat dipengarui hal-hal sebagai berikut. Hal ini di sebabkan beberapa hal antara lain :
1. secara historis                  
2. Secara letak geograpis desa.
1.      Secara historis desa pulau binjai terletak di aliran sungai kuantan, yang berhulu di propinsi Sumatra barat negeri minangkabau dan bermuara di propinsi riau negeri melayu. Pada zaman dahulu sungai kuantan dipergunakan sebagai sarana transportasi dan perdagangan yang menghubungkan kedua daerah, dari hasil perdagangan dan dan sarana transportasi inilah timbul system kekerabatan antar kedua daerah, dan orang dari hulu banyak yang menetap dihilir untuk memulai kehidupan yang baru dan yang lebih baik, karena didaerah baru mempuyai potensi alam yang lebih baik dari daerah sebelumnya, mulai lahan pernian dan perkebunan yang luas yang belum dikelola, dan orang pendatang ini membuat sebuah perkampungan, dan menetap ditempat pemukiman yang baru, dan masyarakat pendatang membawa kebudayaannya, tradisi, dan kebiasaanya cara pola hidup ketempat permukiman baru  yang berasal dari minangkabau mulai dari cara adat istiadat, persukuan, karena itu orang pulau binjai mempuyai kebudayaan yang persis sama dengan minangkabau.
2.      Secara geograpis desa pulau binjai terletak di dekat perbatasan antara propinsi Riau dan Propinsi sumtra barat yaitu minangkabau, secara logika kalau daerah dekat perbatasan pasti mempunyai kebudayaan dan kebiasaan yang sama dengan daerah tetangganya, karena merasa masih satu ras yang sama dan mudahnya transportasi menghubungkan kedua daerah.
Penduduk desa pulau binjai mayoritas dihuni oleh pribumi asli keturunan melayu, jumlah penduduk desa pulau binjai 1568 jiwa dan 478 kepala keluarga dan penduduk desa pulau binjai mayoritas menganut kepercayaan agama islam. Mata pencarian penduduk desa pulau binjai 90% bertani, 6% sebagai pedagang, dan 4% sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Penggerak perkonomian masyarakat pulau binjai mengetumakan sumber daya alam (SDA) yaitu di bidang pertanian dan perkebunan antara lain kebun karet dan persawahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar